Share yuk !

GAMESCORE.ID, Jakarta – Tidak bisa dipungkiri jika game bertemakan anime makin populer di Indonesia. Sebut saja Honkai Impact dan Azur Lane. Ya, kedua game tersebut mampu memikat hati para “wibu” untuk memainkannya berkat karakter-karakter anime yang disajikan oleh kedua game tersebut. Tak hanya kuat dari segi karakter saja, kedua game tersebut memang memiliki gameplay yang fresh dan seru untuk dimainkan.

Kini, para “wibu” kembali disajikan dengan sebuah game anime dari Com2Us berjudul Birdie Crush. Jangan tertipu dengan judulnya ya. Sebab, core dari game ini adalah sebuah game olahraga Golf yang dipadukan dengan elemen-elemen RPG. Unik? Tentu saja! Nah dikesempatan kali ini, Tim GameScore akan mengulas tuntas game mobile Birdie Crush ini.

Gameplay (Skor: 7)

Birdie Crush merupakan game olahraga golf yang dipadukan dengan unsur-unsur RPG didalamnya. Layaknya olahraga golf lainnya, di game ini pemenang dipilih berdasarkan kecepatan pemain dalam memasukan bola ke arah lubang dengan jumlah pukulan sedikit mungkin. Untuk melakukan hal tersebut tentunya tidaklah mudah. Ada beberapa tantangan untuk menjadi pemenang di game ini seperti arah dan kekuatan angin, tingkat kesulitan padang golf, dan juga lawan kamu tentunya. Bukan hanya soal skill, jika musuh kamu memiliki banyak item dan menggunakan tongkat golf yang sudah di tingkatkan kemampuannya, untuk menjadi pemenang bukanlah hal yang mudah. Apakah core game ini fresh? Tidak juga. Sebab, core dari game ini sebenarnya sudah di populerkan terlebih dahulu di game Pangya.

Seperti yang telah dijelaskan, game ini memiliki unsur RPG dimana semakin tinggi level atau experience kamu, semakin mudah juga kamu mengalahkan lawanmu. Tidak hanya itu saja, game ini juga menyediakan beberapa item penunjang agar bisa menang lebih mudah seperti Putting Guide, Perfect Zone Drink, Tee, dan Shot Guide. Item-item yang kamu perlukan tersebut bisa kamu dapatkan di Store.

Berbicara tentang sistem microtransaction, game ini menggunakan sistem Gacha. Ya, sistem ini siap mengeruk isi dompet kamu. Terutama bagi kamu yang pensaran banget dan ingin mendapatkan item berkelas SSR!

Terdapat 3 mode utama di Game Birdie Crush yakni VS Live Match, Competition, dan Training. Ketiga mode utama tersebut memiliki turunan mode lainnya. Seperti:

  • VS Live Match: Grade Match dan 2vs2 match (terbuka jika level kamu sudah Bronze V)
  • Competition: Open Competition (terbuka jika level kamu sudah Rookie V) dan Near Pin Competition (terbuka jika level kamu sudah Stone V)
  • Training: Course Practice Field, Golf Lesson, dan Goodwill Match.

Kompetitif merupakan unsur penting di game ini. Yap, menurut penulis, saat ini unsur tersebut sangat menjanjikan dan mampu membuat game eksis lebih lama. Namun tentu saja masih banyak faktor pendukung suksesnya sebuah game selain unsur kompetitif.

Di awal permainan, kamu juga akan disuruh untuk memilih salah satu dari empat karakter yang tersedia. Keempat karakter tersebut antara lain Kriss Lowell, Martina Glow, Erin G. Bridd, dan Lucie de Bei. Keempat karakter tersebut juga bisa dikostumisasi sesuai dengan kemauan kalian.

Kualitas Grafis (Skor: 9)

Untuk sekelas game mobile, kualitas grafis yang disajikan game ini sudah sangat oke. Desain tiap karakter sudah sangat bagus dan anime banget. Melalui menu setting, kamu juga bisa mengatur optimalisasi kualitas gambar yang dihasilkan agar bisa sesuai dengan spesifikasi smartphone kamu. Seperti resolusi gambar, anti aliasing, efek refleksi cahaya pada air, dan juga frame ratenya.

Menurut penulis, kualitas grafis di game di Birdie Crush sudah nyaris sempurna. Penulis sangat suka dengan grafis yang disajikan oleh game Birdie Crush ini.

Kontrol (Skor: 8)

Kontrol di dalam game ini terbilang cukup mudah. Ada dua metode untuk mengarahkan pukulan. Yakni swipe ke kanan dan kiri, atau sentuh layar kamera terlebih dahulu dan tentukan titik jatuh bola yang kalian inginkan.

Untuk memulai pukulan, cukup tekan tombol bertulisan “shoot” yang ada di kanan bawah. Tombol ini juga dikelilingi dengan tombol-tombol untuk mengaktifkan item dan skill yang kamu miliki. Sedangan di sebelah kiri bawah layar, terdapat gambar berbentuk bola yang dilengkapi dengan 5 titik pukul. Titik pukul bola tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan seperti normal shoot, draw shot, fade shot, high shot, dan low shot.

Addictive (Skor: 7)

Game dengan unsur kompetitif tentu saja memiliki tingkat adiktif yang cukup besar. Sama halnya dengan game Birdie Crush. Game ini memiliki sistem ranking serta fitur kostumisasi yang sangat lengkap. Namun sayangnya, menurut penulis mode dari game ini masih kurang beragam. Mungkin kedepannya tim Com2Us bisa menghadirkan fitur yang lebih menantang dan fun untuk dimainkan.

Kesimpulan

Game kompetitif realtime seperti Birdie Crush memang cukup diminati gamers di Indonesia. Kualitas grafis yang disajikan juga mampu memanjakan mata para pemainnya. Apalagi desain karakter yang anime banget menjadi salah satu daya tarik penulis untuk mencoba dan mereview game yang satu ini. Gameplay dari game ini bisa dibilang tidak fresh. Mungkin kedepannya, Com2Us bisa memberikan improvement yang lebih besar terutama pada penambahan mode gamenya. Menurut penulis, mungkin bisa ditambahkan mode yang fun untuk dimainkan baik single player ataupun multiplayer. Well, game ini cukup kami rekomendasikan.

Share yuk !