Share yuk !

GAMESCORE.ID, Jakarta – Menjadi Astronot adalah profesi yang selalu membuat saya penasaran. Meluncurkan roket untuk mendarat di Bulan, adalah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh sedikit orang. Tetapi kini saya bisa mendapatkan sedikit pengalaman Astronot dari game Deliver Us The Moon yang dikembangkan oleh KeokeN Interactive. Game ini tersedia di PlayStation 4, Xbox One, Windows, Linux, dan Mac.

Gameplay: 9/10

Pada awal memulai game, saya disambut oleh video pengenalan yang menjelaskan jika bumi pada tahun 2059 mengalami krisis energi yang sangat parah. Sebelumnya, pada tahun 2030 sudah dibentuk World Space Agency (WSA) yang bertugas untuk menemukan sumber energi baru. Mereka pun menemukan cadangan besar bernama Helium 3 di Bulan, lalu membuat koloni dan mengumpulkan cadangan tersebut. Tetapi sumber energi yang di transfer ke bulan tiba-tiba mati secara misterius, komunikasi juga berhenti. WSA akhirnya ditutup secara permanen, tetapi sekelompok kecil yang berisi mantan karyawan bekerja secara rahasia untuk melangsungkan misi dan mengirim seorang astronot ke Bulan untuk mencari tahu apa yang salah.

Mulai dari sini, kita akan berperan sebagai astronot yang menjalankan misi tersebut, sendirian. Selama menjalankan misi, pemain akan terhubung dengan kontak radio Claire Johanson dan diarahkan olehnya. Kita akan bertugas meluncurkan roket sebelum hancur oleh badai, lalu berpetualang di bulan.

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Menariknya disini, saya diberikan pengalaman bermain dalam sudut pandang orang pertama dan juga ketiga, secara bergantian tergantung adegan/tugas yang akan dilakukan!. Eksplorasinya sebagian besar ditangani dari sudut pandang orang ketiga, tetapi beberapa bagian beralih ke orang pertama, seperti ketika pemain meluncurkan roket, berada di gravitasi nol atau mengendalikan robot kecil yang bisa diaktifkan di tengah game.

Adegan yang membuat saya terpukau saat pertama kali bermain, adalah ketika bertugas untuk memasangkan roket ke stasiun luar angkasa di Bulan!, disini saya harus menyesuaikan roket agar bisa terhubung dengan stasiun bulang, karena adanya Zero Gravity saya butuh waktu beberapa saat untuk berhasil memasangnya.

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Awalnya pemain hanya akan diberikan teka-teki yang menunjukkan kenapa koloni di Bulan sebelumnya menghilang yang menurut saya tidak terlalu sulit, pemain hanya harus berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Seperti mencari petunjuk tentang cara membuka beberapa pintu, menemukan alat bantu, dan secara opsional menonton, mendengar dan membaca cuplikan rekaman suara dan video yang ditemukan.

Tentu, kita bisa saja mengabaikan sebagian besar clue, dan pemberitahuan, tetapi itu hanya membuat kita mendapatkan sebagian cerita saja. Meski pemain diarahkan oleh sebuah narasi, sisa misterinya tetap ditemukan melalui eksplorasi dan minat pemain.

Hal kedua yang membuat saya kagum adalah Zero Gravity!. Satu hal yang saya sukai ketika memainkan game berbasis ruang angkasa adalah ketika pemain mendapatkan kesempatan melayang karena kehilangan beban. Kita dapat bergerak 360 derajat penuh, menabrak benda-benda dan menyaksikannya mengapung dengan realistis. Sangat keren!

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Game ini juga tidak menyediakan musuh untuk dilawan, tetapi tenang saja, tidak “sedatar” itu kok!, ada teka-teki yang juga membawa tantangan tambahan seperti kita diharuskan untuk mencari dan membawa sumber daya mesin, yang letaknya terbilang rumit seperti di belakang banyak kabel atau area tanpa oksigen yang mengharuskan kita melintas dengan cepat lalu dimana mesin mengalami kerusakan sehingga sang astronot harus terombang-ambing di luar angkasa dengan oksigen yang menipis. Meskipun bukan game aksi, Deliver Us The Moon memiliki tantangan tersendiri yang menurut saya sangat seru!

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Ada lagi momen terbaik bagi saya saat bermain, yaitu ketika saya bisa menjelajah Bulan!. Meski agak disayangkan karena tidak bisa melakukan apapun di Bulan saya hanya bisa memasuki stasiun lainnya saja. Namun, perasaan saat menjelajahi, mobil-mobilan, berlarian di Bulan sangatlah bagus!.

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Grafik: 9.3/10

Karena saya hanya tahu kerangka stasiun luang angkasa hanya dari media, saya tidak bisa menilai akurat. Tetapi visualnya memberikan saya pengalaman yang sangat bagus!. Seluruh tampilan luar angkasa dan nuansa Bulan terlihat sangat menawan. Benda-benda di sekitar yang memantul dalam gravitasi nol bisa begitu terlihat santai, selama pemain memiliki cukup oksigen untuk mondar mandir, pemain bisa menikmatinya. Berbagai benda dan lingkungan sekitar bereaksi cocok dengan kontrol gerak sehingga memberikan perasaan tanpa bobot yang sangat realistis. Visual ini juga dilengkapi audio yang mendukung, sehingga saya merasakan suasana benar-benar sendirian di luar angkasa.

Gambar: Istimewa/Gamescore.id

Kontrol: 8.5/10

Pada versi PC kontrolnya standar, dengan menggunakan WASD untuk bergerak, huruf F untuk menekan, mengambil, dan menjalankan sesuatu alat. Mouse juga digunakan untuk memindai benda penting yang ditemukan. Meski begitu, saya tetap butuh waktu untuk membiasakan diri ketika bertugas di luar angkasa, saya agak kesulitan untuk membuat karakter berhenti di tempat yang diinginkan, karena gravitasi nol bisa sedikit rumit.

Adiktif: 9.5/10

Deliver Us the Moon membuat saya ingin main lagi dan lagi. Sayangnya, tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan semua misi. Saya berharap ada beberapa misi lagi, yang menambah durasi game. Setelah selesai bermain, kemungkinan besar saya akan membuka game ini lagi, dan melakukan hal berbeda seperti menemukan bangunan baru yang bisa saya jelajahi atau menemukan benda-benda di permukaan bulan. Rasanya seperti menonton kembali film yang saya sukai.

Kesimpulan

Deliver us the Moon adalah game yang bagus!. Jika kamu menyukai game berbasis ruang angkasa yang mendorong pemain untuk berpetualang dan berpikir ringan, saya akan sangat merekomendasikannya. Secara visual game ini terlihat luar biasa, secara mekanis ia memberikan situasi yang realistis, dan game ini membuat saya ingin menuntut misi lebih agar bisa bermain lebih lama. Saya berharap bahwa game buatan KeokeN Interactive berikutnya memberi petualangan baru, mungkin pergi mars? haha. Deliver us the moon bukan hanya sebuah game petualangan dengan narasi, game ini sangat menghibur dan membangkitkan ketertarikan saya terhadap luar angkasa. Oleh karena itu, kami memberi score game Deliver Us The Moon ini 9. (sp)

Share yuk !